Payment Gateway untuk Bisnis Model B2B dan B2C

Dalam dunia bisnis, ada dua jenis utama hubungan pelanggan, B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Consumer). Kedua jenis hubungan ini memiliki dinamika yang berbeda, dan bisnis perlu memahami perbedaannya agar dapat memasarkan dan menjual produk atau layanan mereka secara efektif.

Bila kita berbicara tentang bisnis online, bisnis model B2B dan B2C mempunyai pasar yang berbeda sesuai dengan karakteristik masing-masing.

Pada B2B transaksi bisnis yang terjadi antar perusahaan. Transaksi business to business bisa terjadi apabila perusahaan membutuhkan barang atau jasa dari perusahaan lainnya. Salah satu bertindak selaku penyedia produk dan jasa, sedangkan yang lainnya sebagai perusahaan pengguna.

Sebelum memasarkan produk pada konsumen akhir, perusahaan akan menjalin kerjasama dengan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan produksinya atau bisa jadi untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat.

Teknologi Pembayaran Payment Gateway untuk B2B dan B2C

Bisnis e-commerce dengan berbagai macam platform dapat memanfaatkan teknologi pembayaran dari payment gateway Winpay untuk melengkapi metode pembayaran dengan integrasi melalui API, halaman checkout, dan payment link.

Winpay adalah payment gateway dengan solusi metode pembayaran bagi merchant atau pelaku bisnis online dengan produk pembayaran menggunakan virtual account bank, QRIS, e-wallet DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan gerai minimarket modern seperti Indomaret dan Alfa Group (Alfamart, Alfamidi, DANDAN, Lawson).

Contoh Bisnis Model B2B yang Butuh Payment Gateway

  • Bisnis PPOB

Bisnis PPOB adalah berbasis keanggotaan untuk layanan pembayaran tagihan dan produk-produk digital seperti pulsa, data, e-money, hingga tiket transportasi dan pengiriman barang.

Dalam bisnis PPOB membutuhkan top up deposit mitra/agennya agar dapat melakukan transaksi dan pembayaran. Bila sebelumnya deposit dilakukan ke beberapa rekening yang dimiliki oleh PPOB, melalui payment gateway dapat ditambahkan virtual account bank sebagai pilihan untuk melakukan deposit 24 jam.

Payment gateway Winpay memberikan solusi bagi pemilik PPOB untuk menambahkan channel deposit menggunakan 13 virtual account dan minimarket modern seperti Indomaret dan Alfamart.

  • Jasa Digital Marketing

Digital marketing menjadi kebutuhan bagi bisnis di masa sekarang untuk memasarkan dan mempromosikan produk dan layanan dari perusahaan. Layanan dalam model bisnis B2B dari digital marketing ini ada banyak, diantaranya pembuatan konten untuk media sosial, SEO, penulisan artikel dan copywriting, KOL atau influencer, content creator, digital ads, dll.

Bagi pemilik bisnis digital marketing dapat menggunakan teknologi dari payment gateway untuk memudahkan pelanggan perusahaan melakukan pembayaran melalui link pembayaran, e-invoicing, hingga integrasi payment gateway pada website perusahaan.

  • Jasa Desain Website

Jasa web developer dan desain website juga banyak dibutuhkan bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan website sebagai alat pemasaran, untuk brand awareness, dan tempat berjualan sebagai e-commerce. Perusahan yang menjual jasa pembuatan website juga dapat memberikan support teknisnya.

Di dalam website yang dibangun sebagai e-commerce untuk klien perusahaan dapat diintegrasikan dengan payment gateway menggunakan API untuk melengkapi metode pembayaran yang beragam.

  • Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Mempunyai kesamaan dengan jasa desain website, jasa pembuatan aplikasi mobile juga berjenis B2B untuk sistem operasi Android dan juga iOS secara custom.

Sebagai developer aplikasi mobile juga dapat mengintegrasikan aplikasi mobile dengan payment gateway untuk kebutuhan pembayaran bagi klien yang membutuhkan payment gateway.

Contoh Bisnis Model B2C Butuh Payment Gateway

  • Bisnis Tiket dan Wisata

Peluang bisnis tiket dan wisata di Indonesia masih cerah sejak pandemi berakhir. Kebutuhan masyarakat untuk perjalanan menggunakan angkutan publik seperti pesawat, kereta api, bus, kapal laut masih sangat tinggi. Belum lagi semakin banyak wisata-wisata bermunculan dan ramai hingga viral menjadi tujuan wisatawan domestik bahkan mancanegara.

Bisnis tiket online menjadi pilihan menarik bagi para pemula yang ingin memulai usaha dengan modal relatif kecil dan potensi keuntungan yang menjanjikan hingga yang sudah bergelut di industri ini.

Bisnis tiket menyasar langsung konsumer sehingga bisnis model B2C ini mempunyai jangkauan pasar yang luas, terlebih dijalankan secara online melalui website, aplikasi, hingga media sosial.

Dalam industri pariwisata dengan obyek-obyek wisata di seluruh Indonesia, tentunya mempunyai peluang bisnis dengan potensi besar dan menguntungkan menjadi agen wisata dalam menjual paket-paket wisata. Peluang bisnis agen wisata dapat dijalankan menggunakan website, aplikasi, atau media sosial dengan menyediakan metode pembayaran beragam sehingga memudahkan pembeli ketika membayar.

Bila kamu menjadi agen tiket atau agen wisata dan tidak memiliki website atau aplikasi, dapat menjual melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok menggunakan link pembayaran yang didalamnya sudah terintegrasi dengan lebih dari 25 metode pembayaran di Winpay.

Bisnis tiket dan wisata secara B2C membutuhkan teknologi payment gateway melalui Winpay untuk menyediakan berbagai macam metode pembayaran bagi pelanggan, sehingga pembayaran menjadi mudah dengan cara cashless melalui virtual account bank, QRIS, e-wallet, hingga pembayaran offline melalui jaringan minimarket modern.

Manfaatkan teknologi pembayaran dari payment gateway Winpay untuk bisnis agen tiket dan agen wisata.

  • Toko Online

Online shop adalah sebuah platform berupa situs web atau aplikasi mobile yang menyediakan layanan berbelanja secara online. Online shop sebagai sebuah bisnis yang menjual produk tunggal secara online melalui situs web, aplikasi hingga media sosial yang dapat diakses melalui internet sebagai bisnis model B2C.

Rata-rata, online shop masih mempunyai keterbatasan dalam hal pembayaran, dimana hanya menggunakan metode transfer bank untuk pembayaran pembeli. Hal ini cukup merepotkan bagi pembeli dalam hal pembayaran karena harus menyesuaikan dengan nomor rekening bank yang disediakan penjual. Dari sisi penjual sendiri juga harus menyediakan banyak rekening bank untuk mengakomodasi pembayaran pembeli.

Hadirnya teknologi payment gateway memiliki daya tarik tinggi terhadap konsumen toko online. Jaminan keamanan dan kemudahan transaksi membuat mereka lebih yakin dalam melakukan transaksi. Terlebih lagi apabila kamu memilih menggunakan payment gateway yang menyediakan aneka opsi pembayaran non tunai yang lengkap.

  • Kursus Online atau Kelas Online

Kursus online juga marak sebagai bisnis mendulang cuan. Bila kamu punya kompetensi tertentu dapat menawarkan untuk memberikan kursus atau kelas secara online. Contohnya, kursus digital marketing, kursus SEO, kursus copywriting, dll.

Dalam membuat bisnis kelas online ini dapat dibuat paket-paket pembelajaran yang dapat diakses secara online baik sebagai kursus online live atau dalam bentuk menonton video pembelajaran menggunakan website yang didesain khusus.

Ketika peserta hendak mengikuti paket kelas online yang disediakan, dapat melakukan pembayaran yang terintegrasi dengan payment gateway.

  • Seminar dan Webinar

Seminar dengan berbagai jenis dan kategorinya dapat memanfaatkan teknologi untuk registrasi secara online melalui website atau aplikasi.

Webinar adalah pengembangan dari seminar yang berujud online yang dapat diakses dari manapun dengan jumlah peserta yang banyak, menggunakan aplikasi meeting seperti Zoom, Google Meet, dll.

Seminar dan webinar ini sebagai bisnis model B2C dimana pembayaran untuk mengikuti seminar dan webinar dapat menggunakan teknologi payment gateway, sehingga memberikan kemudahan peserta dalam memilih metode pembayaran yang disukai.

Bisnis model B2B dan B2C dapat memanfaatkan teknologi pembayaran dari payment gateway untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pembayaran yang mereka sukai.

Di jaman serba digital saat ini, bisnis online harus memberikan kemudahan bagi pelanggan agar terjadi pembelian berulang, salah satunya dengan metode pembayaran yang beragam.